Rabu, 25 Januari 2012

Update Linux CentOS 5.6 ke 5.7

Alhamdulillah, hari ini dapat hal baru lagi. Setelah dapat akses ke ruang server kantor, akhirnya aku bisa face to face dengan PC server kantor. Awalnya cukup agak bingung setelah tau bahwa admin di sini gak tau password login ke PC server. Namun berkat mas google, bisa juga aku reset password servernya yang memakai OS CentOS 5.6.
Namun ada permasalahan lagi ketika aku mau buka database web-nya. Cz phpMyAdmin-nya kagak bisa diakses. Berkat pertolongan master dodi via YM, akhirnya ada solusi. Jadi begini ceritanya, aku mau buka database web, tp phpMyAdmin-nya tidak support dg versi PHP nya. Ketika diakses muncul tulisan "PHP 5.2+ is required", menurut master dodi (temen seperjuangan waktu kuliah, namun telah lebih dulu mengenal bahasa server, hehehe) perlu update OS-nya agar bisa support PHP 5.3. Jadi langsung aja nih aku praktekin cara update CentOS 5.6 ke 5.7. Kurang lebih seperti di bawah ini :
Syarat :
  • Login ke root dulu
  • Koneksi internet yang cukup
Langkah :
  • Buka terminal
  • Ketik # yum update
  • Tunggu sampai proses download & install selesai
  • Lamanya tergantung koneksi inet ente :)
  • Jika ada pertanyaan ketik y , terus tekan enter
  • Selesai update reboot
  • Cek dgn perintah # lsb_release -a
  • Insyaallah jika berhasil akan jadi versi 5.7 Final
[special thx to dodi sukhoi37]

1 komentar:

  1. Cek Versi CentOS ditempatku kog gak bisa ya

    # lsb_release -a
    -bash: lsb_release: command not found

    tapi kalo ini bisa
    # cat /etc/*release*
    CentOS release 5.7 (Final)

    BalasHapus